Indahnya Kebersamaan dalam Keberagaman


Posted on: 1 July 2017

Indahnya Kebersamaan dalam Keberagaman  

 

Mengapa banyak orang sering mengatakan kebersamaan itu indah, kebersamaan itu menyenangkan, dimana ada kebersamaan pasti disitu ada perpisahan, kebersamaan itu meski jauh namun terasa dekat atau bisa sebaliknya, dan masih banyak lagi versi dari setiap orang yang memaknai arti suatu kebersamaan.

Nah …. Untuk itu mari kita bersama-sama mencari tahu apa arti kebersamaan yang sesungguhnya dan apa benar dengan adanya rasa saling kebersamaan bisa membuat seseorang memiliki rasa solidaritas sehingga bisa menciptakan suatu kekeluargaan yang erat.

Kata sesimple kebersamaan mengandung makna yang mendalam karena kebersamaan memang indah. Kebersamaan adalah bukanlah suatu hubungan yang identik dengan selalu bersama secara fisik melainkan bagaimana suatu hubungan yang dapat merapatkan hati dengan antar sesamanya karena hati itu sesuatu yang abstrak yang tidak bisa dinilai oleh panca indra biasa. Saling barbagi kebersamaan bisa kepada siapa saja baik kepada teman, sahabat, keluarga, ataupun dengan kekasih. Banyak persoalan-persoalan/masalah-masalah yang akan lebih mudah diselesaikan jika dengan kebersamaan. Sebaliknya bila kebersamaan terpecah belah akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk memperbaikinya kembali. Karena dengan kebersamaan kita bisa merasakan kasih saying yang sudah terpancar dari orang-orang yang terkasih dan hal ini yang dapat menjadikan suatu motivasi diri dalam menjalani lika-liku kehidupan.  

Dalam menjalin suatu kebersamaan, pastinya kita memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan suatu keutuhan persatuan dan kesatuan bersama yang menjadikan kekuatan dalam mewujudkan visi dan misi yang ingin dicapai. Hal ini meski ada hubungan timbal balik, dalam suatu istilah Simbiosis Mutualisme yang diartikan hubungan antara kedua makhluk hidup yang saling berhubungan yang sama-sama diuntungkan karena adanya hubungan tersebut. Contoh halnya hubungan antara bunga dengan kupu-kupu yaitu kupu-kupu yang cantik suka hinggap di bunga yang indah. Kupu-kupu hinggap di bunga karena ia membutuhkan madu yang terdapat di bunga. Kupu-kupu diuntungkan karena menemukan bunga, begitupula bunga diuntungkan juga karena kedatangan si kupu-kupu. Dengan adanya kupu-kupu bunga dibantu penyerbukannya.

Dari sanalah kita akan bisa mengartikan betapa indahnya kebersamaan, terkhususnya pada kami semua Keluarga STIKES William Booth Surabaya yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan. Meskipun banyak keragaman itu tidak menjadi penghalang bagi kami untuk terus maju mewujudkan Institusi terdepan yang salah satunya mengajarkan kepada mahasiswa untuk saling memiliki rasa caring dan kasih kepada antar sesama.Salah satu bentuk kegiatan yang kami lakukan dalam mencipatakan rasa kebersamaan dalam keberagaman yaitu dengan mengadakan acara buka bersama dibulan ramadhan disela banyak sekali kegiatan yang kami lakukan. Meskipun yang menjalani ibadah puasa adalah bagi yang muslim tapi bagi yang tidak menjalankan ikut berpartisipasi untuk ikut dalam acara tersebut.

Jadi dalam menjalin sebuah kebersamaan, kita harus mau belajar bagaimana pentingnya saling memahami, mau mendengar, mau berbagi dan mau untuk peduli. Dengan begitu kita akan bisa memaknai. Karena kebersamaan itu indah saat dijalani dan indah saat kenangannya diingat.

Semoga dapat bermanfaat dan memberikan Anda inspirasi.

 

Penulis : Devi Aprilia

Versi cetak

Berita Terkait


Kalender Harian

    « Feb 2018 »
    Minggu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jumat
    Sabtu
    28 29 30 31 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
    11 12 13 14 15 16 17
    18 19 20 21 22 23 24
    25 26 27 28 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
Polling Pendapat

    Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

     
Statistik Website

    Visitors :22338 Visitor
    Hits :77725 hits
    Month :650 Users
    Today : 43 Users
    Online : 3 Users
Info PMB

    CP : 082234005138 (Bu Ethyca) 085887379155 (Bu Lina) Email : admin@stikeswilliambooth.ac.id Nomor Rekening PMB : STIKES William Booth Surabaya MANDIRI GIRO 142-00-0607896-7

PENGGUNA LULUSAN

price and packages-Call-to-action-Icon

STIKES William Booth telah berpengalaman dalam pendidikan Keperawatan dan Kebidanan dari tahun 1935, yang pada saat itu masih disebut Pendidikan Jurusan Kesehatan, berkembang menjadi Sekolah Perawat Bidan hingga kini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, yang telah menghasilkan tenaga Keperawatan dan Kebidanan yang sudah diakui kemampuannya dengan staf pengajar yang berpengalaman dan profesional lulusan dari dalam negeri dan luar negeri. Program Studi : D-III KEPERAWATAN terakreditasi B. 0713/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun) S-1 KEPERAWATAN terakreditasi B. 0561/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017 Masa Pendidikan 8 semester (4 tahun) dan Profesi Ners terakreditasi B (1 tahun) D-III KEBIDANAN terakreditrasi. 14412/D/P/K-VII/2013 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun)