Membangun Sikap CARING Tenaga Kesehatan


Posted on: 29 September 2017

 

 

 

Caring  merupakan sikap peduli, menghormati dan menghargai orang lain, artinya memberi perhatian dan mempelajari kesukaan – kesukaan seseorang dan bagaimana seseorang berfikir dan bertindak. Memberikan asuhan (Caring) secara sederhana tidak hanya sebuah perasaan emosional atau tingkah laku sederhana, karena caring merupakan kepedulian untuk mencapai perawatan yang lebih baik, perilaku caring bertujuan dan berfungsi membangun struktur sosial, pandangan hidup dan nilai kultur setiap orang yg berbeda pada satu tempat ( Dwidiyanti, 2007 ). Perilaku caring dalam keperawatan adalah hal yang sangat mendasar.

Leininger dalam Alligood, (2014) mengemukakan bahwa caring adalah kebutuhan dasar manusia yang esensial, caring adalah keperawatan, caring adalah penyembuhan, caring adalah jantung dan jiwa keperawatan, caring adalah kekuatan, caring adalah ciri-ciri istimewa dari keperawatan sebagai suatu profesi atau disiplin.

Seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan sangat diperlukannya sikap caring. Dahulu perawat dikenal sebagai seorang yang judes, galak dan tidak pernah senyum saat memberikan asuhan keperawatan, tetapi saat ini fenomena tersebut mulai bergeser menjadi seorang perawat harus mempunyai jiwa yang Caring terutama saat berinteraksi dan memberikan asuhan keperawatan pada pasien.

Caring yang diharapkan dalam keperawatan adalah sebuah perilaku perawat yang didasari dari beberapa aspek diantaranya:

  1. Humanistic altruistic (mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan)
  2. Menanamkan kepercayaan dan harapan
  3. Mengembangkan kepekaan terhadap diri sendiri dan orang lain
  4. Pengembangan bantuan dan hubungan saling percaya
  5. Meningkatkan dan menerima ungkapan perasaan yang positif dan negatif
  6. Sistematis dalam metode pemecahan masalah
  7. Pengembangan pendidikan dan pengetahuan interpersonal
  8. Meningkatkan dukungan, perlindungan mental, fisik, sosial budaya dan lingkungan spiritual
  9. Senang membantu kebutuhan manusia
  10. Menghargai kekuatan eksistensial-phenomenogikal (Watson, 1985 cit Kozier, 2010).

Untuk membangun pribadi yang mempunyai jiwa caring, seorang perawat dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang kebutuhan manusia. Kesepuluh faktor karatif ini perlu selalu dilakukan oleh perawat agar semua aspek dalam diri klien dapat tertangani sehingga asuhan keperawatan profesional dan bermutu dapat diwujudkan. Selain itu, melalui penerapan faktor karatif ini perawat juga dapat belajar untuk lebih memahami diri sebelum mamahami orang lain.

 

Selamat dan semangat menjadi perawat dan bidan yang profesional dengan dijiwai sikap caring dalam melayani sesama......GBU

Versi cetak

Berita Terkait


Kalender Harian

    « Feb 2018 »
    Minggu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jumat
    Sabtu
    28 29 30 31 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
    11 12 13 14 15 16 17
    18 19 20 21 22 23 24
    25 26 27 28 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
Polling Pendapat

    Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

     
Statistik Website

    Visitors :22038 Visitor
    Hits :76911 hits
    Month :596 Users
    Today : 40 Users
    Online : 1 Users
Info PMB

    CP : 082234005138 (Bu Ethyca) 085887379155 (Bu Lina) Email : admin@stikeswilliambooth.ac.id Nomor Rekening PMB : STIKES William Booth Surabaya MANDIRI GIRO 142-00-0607896-7

PENGGUNA LULUSAN

price and packages-Call-to-action-Icon

STIKES William Booth telah berpengalaman dalam pendidikan Keperawatan dan Kebidanan dari tahun 1935, yang pada saat itu masih disebut Pendidikan Jurusan Kesehatan, berkembang menjadi Sekolah Perawat Bidan hingga kini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, yang telah menghasilkan tenaga Keperawatan dan Kebidanan yang sudah diakui kemampuannya dengan staf pengajar yang berpengalaman dan profesional lulusan dari dalam negeri dan luar negeri. Program Studi : D-III KEPERAWATAN terakreditasi B. 0713/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun) S-1 KEPERAWATAN terakreditasi B. 0561/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017 Masa Pendidikan 8 semester (4 tahun) dan Profesi Ners terakreditasi B (1 tahun) D-III KEBIDANAN terakreditrasi. 14412/D/P/K-VII/2013 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun)