Kedisiplinan Sangat Penting Bagi Mahasiswa


Posted on: 25 August 2017

 

 

 

Kedisiplinan sangat Penting Bagi Mahasiswa

Terinspirasi dari kejadian saat Ujian Skripsi mahasiswa S1 keperawatan dan D3 Kebidanan, maka terlihat beberapa mahasiswa harus ditunda ujian sidang skripsinya hanya gara-gara kelalaian dalam mengerjakan tugas-tugas di semester akhir yang belum selesai. Padahal tugas-tugas tersebut sudah terinformasi sejak awal semester. Mengapa hal ini terjadi ??? setelah ditelusuri  ternyata hanya soal ketidak disiplinan mahasiswa dalam membagi waktu belajar, kepentingan pribadi dan tugas-tugas yang harus selesai di masa akhir perkuliahan yang menjadi bebannya.

Kedisiplinan merupakan sesuatu yang penting dalam pembelajaran. Sebagai mahasiswa kedisiplinan merupakan hal yang harus dimiliki karena akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Mahasiswa yang kurang berprestasi bukan hanya di sebabkan oleh faktor kemampuan. Namun bisa juga diakibatkan karena tidak adanya kedisiplinan. Disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

Seorang mahasiswa dikatakan memiliki komitmen dalam belajar jika selalu bersemangat menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa. Belajar adalah sebuah proses di mana jika proses belajar baik maka akan menghasilkan hasil yang baik pula. Disiplin akan mengatarkan mahasiswa mencapai tujuan belajar yang ingin dicapai. Namun masih banyak mahasiswa yang tidak menanamkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-harinya sehingga hidup tidak teratur yang kemudian hari akan merasakan yang namanya penyesalan.

Sebagai mahasiswa sering kali kurang disiplin pada waktu. Disiplin waktu merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh mahasiswa, maka sedini mungkin mahasiswa harus membiasakan diri untuk disiplin, meskipun awalnya itu akan sangat berat.

Ada dua faktor yang mempengaruhi rendahnya sikap disiplin pada mahasiswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1.    Faktor internal

Faktor internal dalam hal ini yang paling menunjang yaitu minat dan motivasi. Minat adalah motif yang dimiliki dari seseorang dalam melakukan suatu tindakan, sedangkan motivasi adalah suatu energi atau dorongan untuk melakukan minat. Jadi bisa di katakan bahwa minat dan motivasi adalah dua hal yang saling terkait. Jika mahasiswa tidak memiliki minat dan motivasi yang tinggi, maka akan sulit baginya mewujudkan suatu kedisiplinan belajar yang baik.

2.    Faktor eksternal

  1. Dosen yang tidak tegas : akan menjadi celah bagi mahasiswa untuk tidak bersikap disiplin karena merasa hal yang dilakukan tidak dihiraukan oleh dosen dan merasa tidak melakukan kesalahan. Contoh : mahasiswa yang datang terlambaat saat kuliah,  tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, dan lain-lain.
  2. Dosen yang sering terlambat : akan menjadi contoh yang tidak baik bagi mahasiswa karena mahasiswa akan berfikir dosen saja bisa telat.
  3. Sanksi dan hukuman : Fungsi hukuman dalam pendidikan sebagai alat untuk memberikan sanksi terhadap pelanggaran, sehingga sanksi atau hukuman dipakai sebagai bentuk penyadaran.
  4. Pergaulan atau lingkungan : Faktor lingkungan ini yang paling mendominasi, apalagi lingkungan pergaulan. Karena lingkungan pergaulan yang salah, akan sangat berdampak pada pola pikir dan psikologis mahasiswa. Untuk itulah sebagai mahasiswa harus benar-benar selektif dalam bergaul. Selektif disini bukan berarti pilih-pilih dalam pergaulan. tapi lebih condong mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

           

Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa sikap disiplin sangat penting dan sangat berpengaruh dalam pencapain tujuan pembelajaran yang diinginkan sebagai mahasiswa. Jika mahasiswa tidak disiplin maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik apabila mahasiswa tidak meluangkan dan membagi waktunya untuk belajar dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatan waktu yang baik untuk belajar akan menimbulkan kesadaran terhadap pentingnya waktu, sehingga dapat menghargai dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

 

Sumber:

http://cafemotivasi.com/pentingnya-kedisiplinan-belajar-di-kampus/

https://kholifahcom.wordpress.com/2014/06/28/kedisiplinan-s

Versi cetak

Berita Terkait


Kalender Harian

    « Feb 2018 »
    Minggu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jumat
    Sabtu
    28 29 30 31 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
    11 12 13 14 15 16 17
    18 19 20 21 22 23 24
    25 26 27 28 1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
Polling Pendapat

    Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

     
Statistik Website

    Visitors :22038 Visitor
    Hits :76921 hits
    Month :596 Users
    Today : 40 Users
    Online : 1 Users
Info PMB

    CP : 082234005138 (Bu Ethyca) 085887379155 (Bu Lina) Email : admin@stikeswilliambooth.ac.id Nomor Rekening PMB : STIKES William Booth Surabaya MANDIRI GIRO 142-00-0607896-7

PENGGUNA LULUSAN

price and packages-Call-to-action-Icon

STIKES William Booth telah berpengalaman dalam pendidikan Keperawatan dan Kebidanan dari tahun 1935, yang pada saat itu masih disebut Pendidikan Jurusan Kesehatan, berkembang menjadi Sekolah Perawat Bidan hingga kini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, yang telah menghasilkan tenaga Keperawatan dan Kebidanan yang sudah diakui kemampuannya dengan staf pengajar yang berpengalaman dan profesional lulusan dari dalam negeri dan luar negeri. Program Studi : D-III KEPERAWATAN terakreditasi B. 0713/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun) S-1 KEPERAWATAN terakreditasi B. 0561/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017 Masa Pendidikan 8 semester (4 tahun) dan Profesi Ners terakreditasi B (1 tahun) D-III KEBIDANAN terakreditrasi. 14412/D/P/K-VII/2013 Masa pendidikan 6 semester (3 tahun)